================================= ================================= Raden Muhammad Imam Blog: Belajar Bikin Aplikasi Themes BlackBerry

Jumat, 18 Maret 2011

Belajar Bikin Aplikasi Themes BlackBerry

Software yang diperlukan:
  • BlackBerry Theme Studio (http://id.blackberry.com/services/themestudio).
  • BlackBerry Device Simulators (http://www.blackberry.com/developers/downloads/simulators/).
  • Aplikasi pembuat ikon , seperti IconFX (http://iconfx.ro)
  • Aplikasi olah digital , seperti Adobe Photoshop dan CorelPhotoPaint.
Langkah-Langkahnya:
  1. Jalankan BlackBerry Themes Studio. Aplikasi ini menawarkan cara termudah membuat themes. Kamu tinggal mengubah template yang sudah ada. Pada boks yang muncul , ketikkan nama themes yang diinginkan.
  2. Pada "Device" , pilih seri handset BlackBerry yang akan dibuat themesnya. Pilih tipenya. Klik [Create]. Sebuah jendela baru muncul. Jendela aplikasi terdiri dari tiga bagian. Panel paling kiri adalah visual theme untuk melihat preview themes , panel kanan atas adalah jendela edit komponen visual bernama Inspector.
  3. Panel kanan bawah "Catalog" , berisi komponen visual yang hendak di edit dikontrol via panel kecil di "Inspector". Themes yang akan kamu buat berdasarkan template yang tersedia. Untuk awal , klik tombol [Theme the Banner] untuk mengedit bagian atas layar "Home" BlackBerry.
  4. Klik [Application Banner] untuk mengelola bagian atas layar (banner) ketika tampilan menu BlackBerry di aktifkan. Disini kamu bisa mengatur komponen banner. Klik [Respostion Banner Objects]. Kamu bisa mengubah posisi komponen di banner dengan menggeser komponen pointer.
  5. Jika sudah , klik tombol [Resposition Banner Objects] kembali. Kamu bisa mengatur lebar banner dengan menu "Height". Pada menu "Fonts" , kamu bisa mengubah tampilan teks yang ada di banner. Misalnya ingin mengubah teks tampilan waktu , klik menu [Time].
  6. Pilih font bawaan BlackBerry atau font dari PC. Tampilan huruf akan langsung berubah di panel priview sebelah kiri. Pengubahan font ini juga berlaku bagi teks indikator network , carrier , dan pesan. Gantilah dengan jenis huruf yang di sukai.
  7. Pada bagian "Indicators" kamu dapat mengganti tampilan sejumlah bar indikator yang muncul di themes. Aplikasi ini menyediakan sejumlah bar indikator bawaan. Untuk mengaksesnya klik menu dropdown di area "Catalog" dan pilih [Sample Banner Meters]. Pilih salah satu jenis indikator , lalu klik tarik ke arah komponen yang hendak di ubah , misalnya ke kotak "Battery Meter".
  8. Pada menu "Visibility" kamu dapat mengatur komponen visual apa saja yang di tampilkan di layar themes. Klik [Homescreen Banner]. Atur tampilan banner pada posisi tampilan Home. Lakukan dengan cara yang sama seperti panduan di "Application Banner". Klik tombol [Theme the Home Screen]. Ini adalah tempat untuk mengatur tampilan utama themes. Pilih font untuk teks di "Status Font".
  9. Disini , kamu bisa mengeset gambar untuk layar themes. Arahkan pointer , maka akan muncul keterangan ukuran gambar yang dapat di jadikan layar themes. Buatlah gambar untuk layar themes dengan bantuan aplikasi digital imaging (lihat boks "Personalisasi Background"). Untuk menggantinya dengan buatan kamu , pilih kotak "Background".
  10. Sebuah boks dialog akan muncul. Cari dan klik gambar yang hendak dijadikan layar themes , lalu klik [Open]. Gambar akan langsung muncul di panel kiri. Kamu dapat mengganti ikon-ikon tombol yang ada di layar Home dengan ikon buatan kamu sendiri. Untuk itu , ketahui dulu ukuran ikon yang hendak di ganti.
  11. Arahkan pointer ke arah ikon , maka akan muncul nama file ikon beserta ukuran (dalam pixels). Untuk membuatnya , gunakan aplikasi pembuat ikon (lihat boks "Bikin Ikon Sendiri"). Setelah ikon di buat , gantilah ikon dengan mengklik kotak ikon. Pada boks yang muncul , cari dan klik file ikon pengganti. Klik [Open].
  12. Kini , ikon telah berganti. Gantilah ikon-ikon lain untuk di sesuaikan dengan tema themes yang hendak di bangun. Lanjutkan dengan mengklik tombol "Theme the Application Icon Screen". Disini , kamu dapat mengatur tampilan layar menu BlackBerry.
  13. Awali dengan mengganti gambar di menu "Background". Jangan lupa untuk mengetahui ukurannya terlebih dulu. Disini , kamu juga dapat mengganti jenis huruf yang di pakai di halaman menu lewat menu dropdown "Font". Buatlah ikon untuk mengganti simbol bintang yang menandakan ada item baru masuk. Setelah itu , ganti ikon tersebut di menu "New Items".
  14. Ingin mengubah susunan ikon aplikasi? Klik Tombol [Edit Application Hierarchy]. Pada boks yang muncul , klik tarik nama program untuk mengubah urutannya. Klik [OK]. Klik [Theme the Controls]. Di sini , kamu dapat mengubah tampilan menu-menu perintah , boks dialog , yang kerap muncul dalam pengelolaan handset.
  15. Ada lima jenis menu yang dapat di kontrol di sini , mulai dari Dialog , Button , Menu , Titlebar , dan List. Ubalah font dan ikon sesuai keinginan. Ada empat menu kontrol lagi yang harus di kelola , yaitu tampilan untuk pesan , panggilan telepon , layar terkunci , global items (seperti pointer , kursor , dan sebagainya).
  16. Cara pengelolaannya sama saja dengan sebelumnya. Ketahui dulu ukuran yang hendak di ganti , buat ikon pengganti di aplikasi pembuat ikon , lalu gantilah ikon , lalu gantilah ikon. Jika semua sudah tuntas , simpanlah File dengan mengklik [File] > [Save]. Beri nama , lalu klik [Save]. File akan di simpan dalam format .thm.
  17. Agar dapat diinstal menjadi themes di ponsel , ubah themes menjadi format ALX atau JAD (untuk instalasi via OTA). Klik [File] > [Export]. [Publish for Desktop Manager] lalu isikan nama themes , seri BlackBerry , dan sistem operasi yang di dukungnya. Aplikasi akan menyimpan themes menjadi file ALX dan COD. Kedua File tersebut dapat di instal ke BlackBerry dengan bantuan desktop manager.
  18. Pilih [Publish for Web (OTA)] jika hendak di taruh di website atau blog agar pengguna BlackBerry lain dapat mendownloadnya secara OTA. Themes akan di simpan dalam bentuk file COD dan JAD. Lengkapi data themes di kotak isian yang tersedia.
  19. Jangan lupa untuk menentukan folder simpan , target seri handset , dan sistem yang kompatibel dengan themes yang kamu buat. Klik [OK]. Jalankan BlackBerry Device Simulator , lalu jalankan themes yang kamu buat. Klik [File] > [Open] , dan carilah theme file. Klik [Open]. Jika Berhasil tayang , artinya themes dapat dinstal dengan baik do handset.

3 komentar:

  1. kenapa pas mw di export [publish for web (OTA)] tekan OK, malah yang keluar error??
    bisa share gak :D
    makasih :)

    BalasHapus
  2. mau tanya nih cara menambah list di iconnya gimana soalnya gak semua icon ada di software itu contoh : app word,facebook,twitter dll , mohon bantuannya :D


    Admin Variasi Blogger

    BalasHapus
  3. cara biar bisa diubah jadi link gmn?

    BalasHapus